Aia Aka Bukittinggi, Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2018

"Aia Aka masuk nominasi kategori minuman tradisional terpopuler"
Aia Aka Bukittinggi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI,KLIKPOSITIF -- Minuman tradisional asal Bukittinggi Aia Aka dikabarkan masuk nominasi dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018 kategori minuman tradisional terpopuler.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bukittinggi Erwin Umar, membenarkan kabar ini.

"Iya benar, kita sudah diberi tahu Pusat," ungkap Erwin Umar, Sabtu 26 Mei 2018 kemarin.

Erwin meminta dukungan semua pihak agar minuman khas Bukittinggi tersebut berhasil keluar sebagai juara dalam ajang pariwisata populer yang didukung penuh oleh Kemenpar.

Informasi yang dihimpun KLIKPOSITIF dari website anugerahpesonaindonesia.com, Aia Aka akan bersaing dengan sejumlah minuman tradisional lainnya di Nusantara seperti Air Mata Pengantin (Indragiri Hulu), Bir Pletok (Jakarta Selatan), Es Brenebon (Gorontalo).

Lalu Es Kelacin (Sulbar), Es Nangka Selasih (Kalsel), Es Sekemu (Banten), Loloh Cemcem (Kab Bangli), Jus Pinang (Jambi) dan Markisah Brastagi.

Aia Aka masuk sebagai satu-satunya perwakilan sumatera barat dari kategori minuman tradisional populer.

Aia Aka merupakan salah satu minuman segar yang terbuat dari campuran Daun Kacang Jurai dan Akar Kalimpanan yang dicampur dengan asam sundai.

Minuman ini biasanya juga dicampur dengan racikan daun cincau, asam serta santan yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Sutan Mangkuto, pedagang Aia Aka di Kawasan Janjang Ampek Puluah Bukittinggi mengatakan, khasiat Aia Aka bisa mengobati jantung dan menurunkan panas.

"Dimana-mana, yang jual Aia Aka kebanyakan dari Bukittinggi sebab bahan bakunya banyak disini," ucapnya.

Tahun lalu, Pasa Ateh Bukittinggi juga masuk dalam nominasi API 2018 dalam kategori Objek wisata belanja terpopuler, sayangnya Pasa Ateh terbakar sehingga gagal menjadi juara dalam ajang tersebut.

[Hatta Rizal]