Butuh Rp50 Miliar Lagi Memperancak Pantai Padang

"Dalam perencanaan penataannya dibagi atas enam sektor mulai dari Selatan ke Utara."
Sesudut pemandangan Pantai Padang. Objek wisata ini ramai dikunjungi di hari-hari libur. (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang mengaku membutuhkan anggaran sekira Rp50 miliar lagi untuk memperancak Pantai Padang. Anggaran ini digunakan untuk membangun pedestrian (tempat pejalan kaki) sepanjang 5 km.

“Kita sudah buatkan Detail Engineering Design (DED) atau proyek perencanaan fisik pembenahan Pantai Padang untuk setiap sektornya,”ucap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Medi Iswandi, seperti dinukil dari padang.go.id.

Dikatakan Medi, kawasan Pantai Padang memiliki panjang sekitar 5 kilometer. Dalam perencanaan penataannya dibagi atas enam sektor mulai dari Selatan ke Utara. Sektor pertama, Pantai Muara yakni depan LP Muara hingga ke Simpang Nipah.

Sektor dua, Pantai Jalan Samudera dari Simpang Nipah ke Simpang Hang Tuah. Kemudian, sektor tiga Pantai Olo Ladang dari Simpang Hang Tuah ke Simpang Olo Ladang. Sektor Empat, Pantai Purus mulai Simpang Olo Ladang ke depan Rusunawa.

Lanjut sektor lima, Pantai Cimpago dari tugu IORA ke Jembatan Purus, dan sektor enam Pantai Muara Lasak dari Jembatan Purus ke Jalan Layang dekat simpang Hotel Pangeran Beach.

Maka menurut Medi, jika pembenahan Pantai Padang hanya menggunakan APBD maka penyelesaiannya memakan waktu hingga lima tahun. Namun, jika ada bantuan dari pemerintah pusat atau APBN, pembenahan bisa lebih yakni dua hingga tiga tahun.
“Semoga kita mendapatkan bantuan dana alokasi khusus (DAK) untuk pembenahan Pantai Padang,” harap Medi.

Jadi, dalam perencanaan pembenahan Pantai Padang, pedestrian akan dibangun sepanjang Pantai Padang atau lima kilometer. Sehingga nantinya, pengunjung bisa menikmati keindahan Pantai Padang dengan berjalan kaki. “Untuk tahun 2018 ini, kita akan lanjutkan ... Baca halaman selanjutnya