Objek Wisata Ini Ada "Surganya Indonesia" dan Kampung Quran

"Sejak tahun 2012, pembangunan dan pengembangan objek wisata di lembah harau mulai bergeliat, dengan masuknya pihak swasta yang mengembangkan potensi pariwisata di Kabupaten Limapuluh Kota"
kawasan objek wisata di lembah Harau, Kabupaten Limapuluh Kota (KLIKPOSITIF/ Ade Suhendra)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Mendengar kata Lembah Harau, pastinya akan terbayang suara air terjun, hamparan tebing, dan hamparan sawah. Namun kali ini, di akhir pekan atau hari libur para pengunjung dapat menikmati sensasi berbeda saat berkunjung ke Lembah Harau yang terletak di Kabupaten Limapuluh Kota.

Lembah Harau yang dapat ditemui di jalur lintas Sumatera Barat - Riau atau sekitar 20 menit dari pusat pemerintahan Kota Payakumbuh merupakan sebuah objek wisata alam dengan banyak air terjun yang berjejer di setiap sudut tebing tinggi. Hal ini membuat setiap pengunjung yang datang ke Luak Limopuluah atau Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota tidak afdol rasanya kalau tidak menyempatkan diri untuk singgah ke Kawasan Wisata Alam Lembah Harau dan mengabadikan momennya di sini, dengan tarif masuk hanya Rp5.000.

Baru-baru ini, Kawasan Wisata Alam Lembah Harau tumbuh pesat dan berkembang. Bak jamur tumbuh setelah hujan, wahana permainan dan home stay mulai berdiri dan hadir memanjakan pengunjung yang datang.

Sejak tahun 2012, pembangunan dan pengembangan objek wisata di lembah harau mulai bergeliat, dengan masuknya pihak swasta yang mengembangkan potensi pariwisata di Kabupaten Limapuluh Kota, khususnya dilokasi objek wisata yang sudah lama menjadi salah satu ikon di Sumatera Barat.

Salah kawasan yang dikembangkan di lembah Harau tersebut yakni Kampuang Sarosah yang hadir sebagai wahana rekreasi keluarga. Kampuang Sarosah tidak ada air terjun sebagai ciri khas objek wisata di Lembah Harau, tapi di Kampuang Sarosah pengunjung dapat menikmati suasana tenang dan damai yang dikelilingi tebing tinggi.

Awalnya, hadir sebuah Rumah Gadang yang kini dapat dijadikan sebagai tempat menginap dan pertemuan bagi pengunjung yang ingin bermalam. Kemudian hadir sampan-sampan kecil yang dapat memanjakan pengunjung berkeliling menikmati alam Kabupaten Limapuluh Kota yang asri.

Masih di sekitar lokasi Kampuang ... Baca halaman selanjutnya