Sempat Terlantar, Janjang Saribu Bukittinggi Akhirnya Mulai Dibersihkan

"Pemko Bukittinggi bersama jajaran melakukan goro di Janjang Saribu"
Suasana goro di kawasan Janjang Saribu, Jumat (19/01/2018) (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI,KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota Bukittinggi berencana menata ulang kawasan wisata Janjang Saribu yang berlokasi di kawasan Ngarai Sianok Bukit Apit.

Langkah awal, Pemerintah Kota Bukittinggi bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah melakukan pembersihan atau goro (gotong royonng) di objek wisata ini pada Jum'at 19 Januari 2018.

Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias mengatakan, ia akan menghidupkan kembali objek wisata yang pada awalnya sempat hits di kalangan pengunjung itu.

"Sebenarnya, objek ini belum ada serahterima ke kita. Namun, karena lokasinya di sini, maka kita bersihkan," ucap Ramlan.

Aksi bersih di kawasan ini, jelas Ramlan, bisa saja akan dilanjutkan pada waktu berikutnya, mengingat objek wisata Janjang Saribu memang sudah banyak yang tertutup semak-semak.

"Kita akan bicarakan dengan pihak terkait bagaimana baiknya, terutama soal lampu-lampunya, kita koordinasikan dengan PLN," terangnya.

Jika selesai ditata, ia juga menginstruksikan kepada Petugas Satpol PP untuk menjaga kawasan ini dari tindakan-tindakan yang bisa melanggar norma.

Aksi bersih yang dilakukan Pemerintah Kota Bukittinggi cukup berdampak positif. Tadinya, kawasan Janjang Saribu sempat terlantar selama setahun belakangan ini. Banyaknya sampah dan tanaman semak-semak yang menutupi jalan hingga fasilitas umum membuat kawasan Janjang Saribu ditinggalkan pengunjung.

Tak adanya drainase membuat kawasan taman dekat sungai juga tergenang air jika hujan dan menghambat aktivitas pengunjung di kawasan tersebut.

Setelah dibersihkan, objek wisata ini perlahan mulai bersih dan sudah sedikit nyaman dikunjungi, meski banyak yang harus dibenahi lagi.

"Nantinya saya harap warga sini, mau menjual kopi asli Bukit Apit sehingga ada daya tarik bagi wisatawan selain untuk melihat pemandangan," pungkasnya.

[Hatta Rizal]